1. Definisi Umum
a) Bisnis
Bisnis adalah suatu kegiatan yang
dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi,
penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk
mendapatkan keuntungan atau laba.
Kata “bisnis” berasal dari bahasa
Inggris, yaitu “business” yang artinya kesibukan. Dalam konteks
sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau
pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.
Penggunaan kata “bisnis” dapat
dibedakan menjadi tiga, tergantung skupnya. Kata bisnis dapat merujuk pada:
- Badan Usaha, yaitu kesatuan Yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari keuntungan.
- Sektor Pasar Tertentu, misalnya pasar Modal.
- Seluruh aktivitas pada komunitas produsesn barang dan jasa.
b)
TIK (Teknologi Informasi dan
Komunikasi)
TIK adalah singkatan dari Teknologi
Informasi Dan Komunikasi atau jika dalam bahasa Inggris ‘Information and
Communication Technologies’, jika di singkat ‘ICT’ dapat di artikan
sebagai payung besar terminologi yang mencakup semua peralatan teknis untuk
memproses dan menyampaikan Informasi. Itulah secara singkat mengenai pengertian
teknologi informasi dan komunikasi.
Kata teknologi yaitu berasal dari
bahasa Yunani “technologia”, atau “techne” yang memiliki arti “keahlian” dan juga
“logia” yang artinya “pengetahuan”. Dalam pengertian yang sempit dapat di
artikan teknologi adalah merupakan suatu yang mengacu pada objek benda yang
digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, misalnya seperti mesin, perkakas,
perangkat keras, dan lain-lain.
Istilah TIK
sendiri muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi Komputer (baik
perangkat keras maupun lunak) dengan menggunakan teknologi komunikasi pada
pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut terus berkembang
pesat melampaui bidang teknologi yang lainnya. Hingga pada awal abad ke-21 TIK
masih terus mengalami berbagai macam perubahan dan belum sama sekali terlihat
titik jenuhnya.
c)
Bisnis Informatika dan Jenisnya
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang
menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa
dalam kehidupan sehari – hari. Bisnis merupakan suatu organisasi yang
menyediakan barang dan jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
Bisnis Informatika adalah dua kata yang
mempunyai arti saling berkaitan dan berdasarkan pengertian bisnis dan
informatika diatas maka dapat disimpulkan definisi
bisnis informatika adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok
orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan
barang dan jasa (create of good and service) supaya memenuhi kebutuhan
masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi yang dilakukan dengan
menggunakan bantuan teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
i.
E-commerce
Secara umum,
pengertian E-commerce (perdagangan elektronik) adalah kegiatan jual
beli barang/jasa atau transmisi dana/data melalui jaringan elektronik,
terutama internet. Secara umum e-commerce artinya melakukan bisnis melalui
jaringan yang saling terhubung (interconnected networks/internet).
Jenis-jenis Transaksi E-commerce
o
Busines to
Busines (B2B)
o
Bussines to
Cunsumer (B2C)
o
Consumer to
Consumer (C2C)
o
Consumer to
Bussines (C2B)
o
Non-Bussines
Electronic Commerce
o
Intrabussines
(Organizational) Electronic Commerce
ii.
Software House
Software house adalah sebuah perusahaan yang
bergerak dalam bidang software development. Requirement yang dibutuhkan oleh
sebuah software house adalah sistem informasi yang mampu menangani beberapa
aspek dasar dalam setiap perusahaan, diantaranya adalah kepegawaian, transaksi
project, dan inventaris perusahaan. Software house merujuk kepada sekelompok
orang atau individu atau perusahaan kecil yang melakukan bisnis dalam bidang
pembuatan perangkat lunak (software). Produk yang dihasilkan bisa spesifik
untuk client tertentu (seperti aplikasi intranet untuk sebuah company) atau
bersifat umum (seperti aplikasi untuk toko, apotik, rental mobil, dll) yang
bisa digunakan oleh banyak client.
iii.
Consultant
Konsultan (istilah alternatif: pakar runding)
adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan
(consultancy service) dalam bidang keahlian tertentu, misalnya akuntansi,
pajak, lingkungan, biologi, hukum, koperasi dan lain-lain. Perbedaan antara
seorang konsultan dengan ahli biasa adalah sang konsultan bukan merupakan
pegawai perusahaan sang penggunalayan (client), melainkan seseorang yang
menjalankan usahanya sendiri atau bekerja di sebuah perusahaan kepenasihatan,
serta berurusan dengan berbagai penggunalayan dalam satu waktu.
Seorang konsultan bisnis adalah
orang yang memberikan dukungan dan informasi untuk membantu dalam menjalankan
atau strategi masa depan bisnis. Konsultan Bisnis menganalisa tentang analisa
pesaing, pemetaan marketing, rencana marketing, rencana bisnis
kedepan (Business Plan), Riset Pemasaran, pembuatan bisnis plan,
pembuatan studi kelayakan, monitoring project, analisa trend harga.
Konsultan Bisnis memberikan
masukan atas usaha yang akan di jalankan. Meliputi besarnya resiko, proyeksi
laba rugi, proyeksi neraca, proyeksi penjualan. Konsultan bisnis sangat
bermanfaat untuk meminimalisir resiko yang timbul akibat kegagalan bisnis yang
tidak terkonsep.
Konsultan IT merupakan profesi
yang bergelut dalam bidang IT yang ahli dalam memberikan jasa berupa
nasihat dalam bidangnya, wujudnya berupa memberikan layanan sekaligus dalam
satu waktu. Orang awaam mungkin memandang bahwa seorang konsultan it memiliki
pekerjaan yang sama dengan profesi IT lainnya yang tidak jauh dari yang
namanya komputer, software maupun jaringan.
Namun pada
kenyataannya seorang konsultan IT juga harus memiliki beberapa kemampuan
diantaranya :
o
Pengetahuan yang luas dengan dunia IT.
o
Mengetahui setiap permasalahan dan solusi terkait komputer, software
ataupun jaringan.
o
Menguasai tulis menulis dengan baik.
o
Memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan presentasi.
o
Memiliki kemampuan yang baik dalam hal dokumentasi.
iv.
Penjualan Perangkat TIK
Penjualan perangkat TIK termasuk bisnis
Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti
Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dsb.
v.
Pemasangan & Pemeliharaan Jaringan, Komputer, dan Perangkat TIK
Dalam menciptakan kelancaran bisnis informatika tentu dibutuhkan jaringan
komputer. Untuk pemasangan jaringan komputer, para pebisnis dapat menggunakan
jasa instalasi jaringan yang saat ini sudah banyak dan mudah ditemui. Jaringan
komputer adalah jaringan memberi akses dan hubungan bagi masing-masing client
dan server. Untuk itu, setiap server haruslah dapat menjaga kemananan dan
kelancaran jalannya jaringan. Kini banyak staff administrator yang diwajibkan
minimal dapat menjaga stabilitas server supaya dapat terbebas atau minimal
terhindari dari resiko terjadinya masalah terhadap jaringan.
Karena merupakan software yang kinerjanya didukung oleh berbagai perangkat
keras atau hardware, jaringan komputer secara keseluruhan tidaklah mudah dijaga
kelancarannya. Berbagai perangkat keras yang membantu kinerja jaringan menjadi
semakin lancar antara lain komputer client, komputer server, router jaringan,
berbagai konektor dan HUB atau Switch. Kesemua perangkat tersebut akan
terintegrasi secara maksimal dalam menghasilkan jaringan dengan kinerja dan
kesepatan akses data yang memadai. Karenanya, integrasi perangkat yang
terintegrasi sehingga menghasilkan jaringan berkualitas haruslah dijaga
kelancarannya. Jika jaringan dan perangkatnya tidak dijaga secara maksimal,
maka bukan tidak mungkin akan muncul berbagai masalah atau kerusakan.
Cara Perawatan Jaringan Komputer yang Benar :
Untuk
menjaga kualitas jaringan agar selalu terbebas dari berbagai permasalahan,
ikuti
beberapa cara dan tips merawat
jaringan komputer yang mudah dilakukan berikut ini:
o
Cara merawat komputer server
Perawatan yang pertama dapat dimulai dari merawat komputer server yang
menjadi perangkat komputer utama. Komputer server adalah pusatnya seluruh
kendali dan perintah. Selain itu, komputer server juga merupakan pusat
penyimpanan seluruh data client sehingga sangat perlu dirawat dan dijaga
kemanannya. Cara merawatnya adalah dengan melakukan back up secara berkala
misalnya satu kali dalam tiga hari, satu minggu atau satu bulan. Backup
sangatlah diperlukan karena komputer server selalu bekerja tanpa henti non-stop
selama 24 jam. Dengan langkah backup maka ketika komputer mengalami masalah
atau kerusakan, Anda tidak perlu bergitu cemas dengan kemanan data-data yang
terdapat di dalamnya. Proses backup secara rutin juga biasanya disarankan oleh
jasa instalasi jaringan demi kemudahan perbaikan kalau ada yang rusak.
o
Cara merawat Komputer Client
Peran komputer client memang tidak begitu penting seperti komputer server
yang memang menjadi pusat pengoperasian dan jaringan. Jika salah satu komputer
client rusak atau bermasalah, maka tidak akan berpengaruh buruk pada komputer
client lainnya. Meski demikian, komputer client juga harus dirawat akan
memberikan kinerja yang maksimal. Untuk berjaga-jaga, saat proses pemasangan
jaringan juga gunakan jasa instalasi jaringan komputer kantor maupun rumahan yang
profesional dan berkualitas terjamin.
Cara perawatan komputer client sangat mudah dilakukan antara lain dengan
pembersihan virus secara berkala dan rutin menggunakan antivirus yang up to
date dan selalu ter-upgrade, dengan membersihkan file installer yang sudah
dihapus serta membersihkan file temporary dan deframent secara berkala. Dengan
begitu, komputer client akan selalu dalam kondisi prima dan selalu siap pakai.
o
Cara merawat kabel jaringan
Setelah melakukan proses pemasangan jaringan dengan menggunakan pihak jasa
instalasi jaringan LAN kantor ataupun rumahan, langkah selanjutnya yang sangat
penting untuk dilakukan adalah merawat perangkatnya. Jika di atas sudah
dijelaskan beberapa cara merawat komputer server dan komputer client, kini
saatnya membahas tentang cara merawat kabel jaringan yang tak lepas dari
pemasangan jaringan komputer.
Dalam
struktur pemasangan jaringan-jaringan komputer, peran dari kabel jaringan
memang sangat penting. Kabel yang menjadi media penghantar arus listrik dan
arus lainnya sehingga seluruh perangkat dapat bekerja secara maksimal. meskipun
sering dipandang tidak begitu penting, namun ternyata kabel jaringan juga
menjadi perangkat penentu yang sangat penting. Masalah yang sering muncul pada
kabel jaringan adalah rusak karena digigit tikus, sobek karena terlalu sering
digesek atau karena sering ditekan dan jadi lodek. Untuk menghalau segala
masalah tersebut dapat dilakukan beberapa cara untuk melindungi kabel dari
berbagai kerusakan seperti gigitan tikus, kerusakan akibat gesekan atau tekanan
berlebih.
Cara untuk
menghalau masalah-masalah tersebut antara lain melakukan pemilihan kabel yang
tepat yakni dengan menggunakan kabel yang terbuat dari bahan besi atau plastik
yang kokoh sebagai pembungkus kabel jaringan tersebut. perawatan juga dapat
dilakukan dengan penataan kabel yang rapi dan pada tempat yang tepat. Misalnya
ditempel dengan rapi dan bukan diletakkan di area atau tempat yang aman dan
terhindar dari gesekan atau tekanan dari suatu benda. Pemilihan kabel yang juga
akan mempengaruhi biaya jasa instalasi jaringan LAN yang dipatok oleh pihak peyedia
jasa tersebut. pastikan kabel yang berkualitas dan penataan yang tepat dari
awal pemasangan jaringannya.
o
Cara merawat
HUB atau Switch
Jalannya
jaringan komputer pada saat awal pemasangan melalui jasa instalasi
jaringan juga tidak dapat terlepas dari perangkat Switch dan HUB yang
merupakan perangkat yang berfungsi sebagai perantara atara server dan client.
Tanpa adanya HUB dan Switch sebagai perangkat keras atau hardware maka
komunikasi antara komputer server dan client tidak akan terjalin atau terjadi.
Dengan demikian, dapat diketahui bahwa peranan dari kedua perangkat ini
sangatlah penting. Untuk itu, perawatan terhadap perangkat ini pun harus
dilakukan.
Cara merawat
kinerja Switch dan HUB sebenarnya cukup mudah. Yakni tinggal melakukan
pengecekan secara berkala saja dan melakukan penempatan di lokasi yang tepat.
Sebaiknya HUB dan Switch diletakkan di tempat yang bebas atau terhindari debu.
Selain itu, agar dapat selalu bekerja secara maksimal, Switch ataupun HUB perlu
diletakkan di area dengan suhu cenderung dingin dan tidak panas. Suhu yang
terlalu panas dapat membuat kinerja kedua perangkat ini menjadi terganggu.
Pengecekan berkala dan peletakan di area tepat daat membuat Switch atau HUB
dapat bertahan lebih lama.
o
Cara merawat
konektor RJ45
Kinerja
jaringan komputer juga tidak luput dari peran penting konektor yang berfungsi
sebagai kabel penghubung. Biasanya, saat pemasangan jaringan yang dilakukan
oleh penyedia jasa instalasi jaringan LAN dan Wireless, konektor yang sering
digunakan adalah konektor RJ45 yang menghubungkan kabel dengan kartu jaringan
yang harus dirawat dengan baik. Cara perawatannya adalah dengan membersihkan
pin konektor secara berkala. Pembersihan dapat dilakukan dengan sikat khusus
atau peniti.
2.
Perkembangan Bisnis
Informatika di Indonesia dan Dunia
Perkembangan teknologi informasi
yang sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir ini telah membawa dampak besar
pada berbagai aspek kehidupan, bermacam bidang kehidupan semakin mengimbangi
dirinya dengan teknologi yaitu dengan cara menggunakan teknologi itu sendiri,
termasuk di dalamnya dunia bisnis. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak
bisnis yang satu ini. Menurut http://www.artikata.com kata informatika adalah
hal-hal yg berkaitan dengan informasi, usaha dalam bidang informasi.Secara
spontan dapat saya katakan bahwa bisnis informatika adalah sebuah bisnis
perdagangan yang berhubungan erat dengan informasi, misalnya penjualan produk
secara online.Para pelaku binis mau tidak mau harus menyesuaikan diri dengan
kemajuan teknologi khususnya di bidang komputer, karena semua kegiatan bisnis
sebagian besar menggunakan basis komputer.
Bisnis Informatika adalah salah satu
bisnis yang paling cepat pertumbuhannya sekarang ini, baik di lingkup
internasional maupun nasional. Yang membuat bisnis ini cepat pertumbuhannya
adalah keikutsertaan teknologi yang perkembangannya tidak bisa dibendung.Sebenarnya
bisnis informatika tidak hanya terbatas di dunia internet saja, namun
lingkupnya juga mencakup di software development, consultan IT dsb yang
berkaitan dengan TIK.
Seperti yang
kita tahu permasalahan di dunia ini adalah “ruang dan waktu” oleh karena itu
penerapan teknologi informatika sangat dibutuhkan, maka dibutuhkan sebuah
penerapan teknologi ini untuk memecahkan masalah. Karena banyaknya permintaan
dalam teknologi informasi dan komputer di Indonesia dalam segala bidang maka
munculah perusahaan-perusahaan yang bergelut dalam bisnis informatika ini.
Seperti contohnya adalah penyedia layanan internet, software house, hosting,
dll.
Perkembangan bisnis informatika di
Indonesia belakangan ini terjadi peningkatan yang sangat pesat mengingat
kebutuhan akan bidang ini sangatlah besar dari tahun ke tahun. Ini menjadikan
bisnis informatika menjadi salah satu bisnis yang mempunyai wajah cerah untuk
kedepannya. Namun juga tetap harus didukung oleh SDM yang berkualitas, dalam
menyikapi era bisnis ini.
Lima model bisnis TIK
Semua perusahaan yang bergerak di bidang
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) mengandalkan HAKI (Hak Atas Kekayaan
Intelektual) di dalam menjual produk dan jasanya. Namun penggunaan HAKI
tergantung pada jenis model bisnisnya.
Pada umumnya sekarang ini dikenal ada 5 model bisnis TIK yang paling menonjol dalam pemanfaatan HAKI, dan di bawah ini beberapa contonya dari perusahaan anak bangsa Indonesia (huruf miring) dan juga perusahaan asing :
Pada umumnya sekarang ini dikenal ada 5 model bisnis TIK yang paling menonjol dalam pemanfaatan HAKI, dan di bawah ini beberapa contonya dari perusahaan anak bangsa Indonesia (huruf miring) dan juga perusahaan asing :
·
Lisensi
produk software (contohnya perusahaan pembuat perangkat lunak seperti Andal Software,
Dycode, Oracle, dsb)
·
Iklan
(contohnya Detik.com, Google, dsb)
·
Software
sebagai layanan (contohnya Infisys Pushmail, Salesforce.com,
dsb)
·
Penjualan
perangkat keras (contohnya Zyrex, Axioo, Apple, dsb)
·
Penjual
jasa konsultasi, integrasi, perawatan, training dsb (contohnya Inixindo, Sigma,
Redhat, dsb)
3.
Perusahaan yang
Bergerak dibidang Bisnis Informatika
Di Indonesia banyak sekali perusahaan yang bergerak
dibidang bisnis informatika, salah satu diantaranya ada pada bidang e-commerce
ialah Tokopedia:
Tokopedia
adalah perusahaan internet yang memungkinkan setiap individu dan pemilik bisnis
di Indonesia untuk mengembangkan dan mengelola bisnis online mereka secara
mudah dan gratis, sekaligus memungkinkan pengalaman berbelanja online yang
lebih aman dan nyaman.
Tokopedia
menggunakan salah satu jenis e-commerce, yaitu Marketplace atau
bisa disebut juga dengan e-commerce C2C (Customer to Customer). Marketplace
adalah bentuk bisnis yang selain menawarkan tempat sebagai media promosi
bagi para penjual, pihak e-commerce tersebut memberikan layanan
metode pembayaran dari transaksi online yang dilakukan. Pada umumnya pihak
e-commerce akan memberikan layanan Escrow atau rekening pihak
ke-3. Fungsi dari escrow sendiri adalah sebagai jembatan antara penjual,
pembeli, dan pihak e-commerce. Penjual hanya akan mendapatkan uang jika
kedatangan barang telah dikonfirmasi oleh pembeli. Dengan menggunakan
metode ini, berbelanja di Tokopedia
akan menjadi aman, dan penjual pun dapat membangun rasa percaya pembeli
terhadap tokonya.
Visi :
"Membangun Indonesia lebih baik lewat internet"
Sejarah :
Tokopedia.com
resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia
yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6
Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia
berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan
yang sangat pesat.
PT Tokopedia
mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari PT Indonusa Dwitama pada tahun
2009. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, Tokopedia
kembali mendapatkan suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East
Ventures (2010), Cyber Agent Ventures (2011), Netprice (2012), and SoftBank
Ventures Korea (2013). Hingga pada Oktober 2014, Tokopedia
berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara,
yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari
Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI).
Berkat
peranannya dalam mengembangkan bisnis online di Indonesia, PT. Tokopedia
berhasil meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor E-Commerce
pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc tanggal 11
Desember 2014.
Jumlah Karyawan
: 150 orang,
dan terus bertambah.
Produk yang
Disediakan : Tokopedia.com
menawarkan jutaan produk yang terbagi dalam 21 kategori besar, meliputi:
- Pakaian
- Fashion & Aksesoris
- Kecantikan
- Kesehatan
- Rumah Tangga
- Dapur
- Perawatan Bayi
- Handphone & Tablet
- Laptop & Aksesoris
- Komputer & Aksesoris
- Elektronik
- Kamera, Foto & Video
- Otomotif
- Olahraga
- Office & Stationery
- Souvenir, Kado & Hadiah
- Mainan & Hobi
- Makanan & Minuman
- Buku
- Software
- Film, Musik & Game
Hingga
Januari 2015, terhitung lebih dari 1.200 kategori produk tersedia di Tokopedia.com.
Brand Ambassador
Pada tanggal
12 November 2014, Tokopedia secara resmi mengumumkan Chelsea Islan sebagai brand ambassador yang
merepresentasikan Tokopedia. Sejak 21 Oktober 2015, Isyana Sarasvati menjadi brand ambassador yang
mewakili Tokopedia.
Teknologi
Versi awal
Tokopedia yang dibangun tahun 2009 menggunakan bahasa pemrograman Perl,
database Oracle dan
webserver Apache dengan
mod_perl. Seiring perkembangan waktu, sekitar tahun 2015, Tokopedia mengganti
mesin databasenya dengan PostgreSQL. Selain
pergantian database server, webserver Tokopedia pun belakangan berganti
menggunakan Nginx.
Di tahun
2015, arsitektur platform Tokopedia sudah berganti dari yang sebelumnya
monolitik menjadi berbasis microservices. Pemilihan bahasa program pun
mengalami perubahan, walaupun belum 100%, sebagian sistem Tokopedia sudah
dibangun menggunakan bahasa program Go.
Tokopedia
juga menggunakan beberapa layanan berbasis cloud, contohnya: S3 (untuk storage)
dan Cloudsearch, keduanya dari Amazon Web Services.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar