Minggu, 21 Oktober 2018

TUGAS 1 PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA


1.      Definisi Umum

a)      Bisnis
Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan,  pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.
Kata “bisnis” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang artinya kesibukan. Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.
Penggunaan kata “bisnis” dapat dibedakan menjadi tiga, tergantung skupnya. Kata bisnis dapat merujuk pada:
  • Badan Usaha, yaitu kesatuan Yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari keuntungan.
  • Sektor Pasar Tertentu, misalnya pasar Modal.
  • Seluruh aktivitas pada komunitas produsesn barang dan jasa.
b)     TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
TIK adalah singkatan dari Teknologi Informasi Dan Komunikasi atau jika dalam bahasa Inggris ‘Information and Communication Technologies’, jika di singkat ‘ICT’ dapat di artikan sebagai payung besar terminologi yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan Informasi. Itulah secara singkat mengenai pengertian teknologi informasi dan komunikasi.
Kata teknologi yaitu berasal dari bahasa Yunani “technologia”, atau “techne” yang memiliki arti “keahlian” dan juga “logia” yang artinya “pengetahuan”. Dalam pengertian yang sempit dapat di artikan teknologi adalah merupakan suatu yang mengacu pada objek benda yang digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, misalnya seperti mesin, perkakas, perangkat keras, dan lain-lain.
Istilah TIK sendiri muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi Komputer (baik perangkat keras maupun lunak) dengan menggunakan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut terus berkembang pesat melampaui bidang teknologi yang lainnya. Hingga pada awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai macam perubahan dan belum sama sekali terlihat titik jenuhnya.
c)      Bisnis Informatika dan Jenisnya
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari – hari. Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
Bisnis Informatika adalah dua kata yang mempunyai arti saling berkaitan dan berdasarkan pengertian bisnis dan informatika diatas maka dapat disimpulkan definisi bisnis informatika adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) supaya memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi yang dilakukan dengan menggunakan bantuan teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
        i.            E-commerce
Secara umum, pengertian E-commerce (perdagangan elektronik) adalah kegiatan jual beli barang/jasa atau transmisi dana/data melalui jaringan elektronik, terutama internet. Secara umum e-commerce artinya melakukan bisnis melalui jaringan yang saling terhubung (interconnected networks/internet).
Jenis-jenis Transaksi E-commerce
o   Busines to Busines (B2B)
o   Bussines to Cunsumer (B2C)
o   Consumer to Consumer (C2C)
o   Consumer to Bussines (C2B)
o   Non-Bussines Electronic Commerce
o   Intrabussines (Organizational) Electronic Commerce

      ii.            Software House
Software house adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang software development. Requirement yang dibutuhkan oleh sebuah software house adalah sistem informasi yang mampu menangani beberapa aspek dasar dalam setiap perusahaan, diantaranya adalah kepegawaian, transaksi project, dan inventaris perusahaan. Software house merujuk kepada sekelompok orang atau individu atau perusahaan kecil yang melakukan bisnis dalam bidang pembuatan perangkat lunak (software). Produk yang dihasilkan bisa spesifik untuk client tertentu (seperti aplikasi intranet untuk sebuah company) atau bersifat umum (seperti aplikasi untuk toko, apotik, rental mobil, dll) yang bisa digunakan oleh banyak client.

    iii.            Consultant
Konsultan (istilah alternatif: pakar runding) adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan (consultancy service) dalam bidang keahlian tertentu, misalnya akuntansi, pajak, lingkungan, biologi, hukum, koperasi dan lain-lain. Perbedaan antara seorang konsultan dengan ahli biasa adalah sang konsultan bukan merupakan pegawai perusahaan sang penggunalayan (client), melainkan seseorang yang menjalankan usahanya sendiri atau bekerja di sebuah perusahaan kepenasihatan, serta berurusan dengan berbagai penggunalayan dalam satu waktu.
Seorang konsultan bisnis adalah orang yang memberikan dukungan dan informasi untuk membantu dalam menjalankan atau strategi masa depan bisnis. Konsultan Bisnis menganalisa tentang analisa pesaing, pemetaan marketing, rencana marketing, rencana bisnis kedepan (Business Plan), Riset Pemasaran, pembuatan bisnis plan, pembuatan studi kelayakan, monitoring project, analisa trend harga.
Konsultan Bisnis memberikan masukan atas usaha yang akan di jalankan. Meliputi besarnya resiko, proyeksi laba rugi, proyeksi neraca, proyeksi penjualan. Konsultan bisnis sangat bermanfaat untuk meminimalisir resiko yang timbul akibat kegagalan bisnis yang tidak terkonsep.
Konsultan IT merupakan profesi yang bergelut dalam bidang IT yang ahli dalam memberikan jasa berupa nasihat dalam bidangnya, wujudnya berupa memberikan layanan sekaligus dalam satu waktu. Orang awaam mungkin memandang bahwa seorang konsultan it memiliki pekerjaan yang sama dengan profesi IT lainnya yang tidak jauh dari yang namanya komputer, software maupun jaringan.
Namun pada kenyataannya seorang konsultan IT juga harus memiliki beberapa kemampuan diantaranya :
o   Pengetahuan yang luas dengan dunia IT.
o   Mengetahui setiap permasalahan dan solusi terkait komputer, software ataupun jaringan.
o   Menguasai tulis menulis dengan baik.
o   Memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan presentasi.
o   Memiliki kemampuan yang baik dalam hal dokumentasi.

     iv.            Penjualan Perangkat TIK
Penjualan perangkat TIK termasuk bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dsb.

       v.            Pemasangan & Pemeliharaan Jaringan, Komputer, dan Perangkat TIK
Dalam menciptakan kelancaran bisnis informatika tentu dibutuhkan jaringan komputer. Untuk pemasangan jaringan komputer, para pebisnis dapat menggunakan jasa instalasi jaringan yang saat ini sudah banyak dan mudah ditemui. Jaringan komputer adalah jaringan memberi akses dan hubungan bagi masing-masing client dan server. Untuk itu, setiap server haruslah dapat menjaga kemananan dan kelancaran jalannya jaringan. Kini banyak staff administrator yang diwajibkan minimal dapat menjaga stabilitas server supaya dapat terbebas atau minimal terhindari dari resiko terjadinya masalah terhadap jaringan.
Karena merupakan software yang kinerjanya didukung oleh berbagai perangkat keras atau hardware, jaringan komputer secara keseluruhan tidaklah mudah dijaga kelancarannya. Berbagai perangkat keras yang membantu kinerja jaringan menjadi semakin lancar antara lain komputer client, komputer server, router jaringan, berbagai konektor dan HUB atau Switch. Kesemua perangkat tersebut akan terintegrasi secara maksimal dalam menghasilkan jaringan dengan kinerja dan kesepatan akses data yang memadai. Karenanya, integrasi perangkat yang terintegrasi sehingga menghasilkan jaringan berkualitas haruslah dijaga kelancarannya. Jika jaringan dan perangkatnya tidak dijaga secara maksimal, maka bukan tidak mungkin akan muncul berbagai masalah atau kerusakan.
Cara Perawatan Jaringan Komputer yang Benar :
Untuk menjaga kualitas jaringan agar selalu terbebas dari berbagai permasalahan, ikuti
      beberapa cara dan tips merawat jaringan komputer yang mudah dilakukan berikut ini:
o   Cara merawat komputer server
Perawatan yang pertama dapat dimulai dari merawat komputer server yang menjadi perangkat komputer utama. Komputer server adalah pusatnya seluruh kendali dan perintah. Selain itu, komputer server juga merupakan pusat penyimpanan seluruh data client sehingga sangat perlu dirawat dan dijaga kemanannya. Cara merawatnya adalah dengan melakukan back up secara berkala misalnya satu kali dalam tiga hari, satu minggu atau satu bulan. Backup sangatlah diperlukan karena komputer server selalu bekerja tanpa henti non-stop selama 24 jam. Dengan langkah backup maka ketika komputer mengalami masalah atau kerusakan, Anda tidak perlu bergitu cemas dengan kemanan data-data yang terdapat di dalamnya. Proses backup secara rutin juga biasanya disarankan oleh jasa instalasi jaringan demi kemudahan perbaikan kalau ada yang rusak.
o   Cara merawat Komputer Client
Peran komputer client memang tidak begitu penting seperti komputer server yang memang menjadi pusat pengoperasian dan jaringan. Jika salah satu komputer client rusak atau bermasalah, maka tidak akan berpengaruh buruk pada komputer client lainnya. Meski demikian, komputer client juga harus dirawat akan memberikan kinerja yang maksimal. Untuk berjaga-jaga, saat proses pemasangan jaringan juga gunakan jasa instalasi jaringan komputer kantor maupun rumahan yang profesional dan berkualitas terjamin.
Cara perawatan komputer client sangat mudah dilakukan antara lain dengan pembersihan virus secara berkala dan rutin menggunakan antivirus yang up to date dan selalu ter-upgrade, dengan membersihkan file installer yang sudah dihapus serta membersihkan file temporary dan deframent secara berkala. Dengan begitu, komputer client akan selalu dalam kondisi prima dan selalu siap pakai.
o   Cara merawat kabel jaringan
Setelah melakukan proses pemasangan jaringan dengan menggunakan pihak jasa instalasi jaringan LAN kantor ataupun rumahan, langkah selanjutnya yang sangat penting untuk dilakukan adalah merawat perangkatnya. Jika di atas sudah dijelaskan beberapa cara merawat komputer server dan komputer client, kini saatnya membahas tentang cara merawat kabel jaringan yang tak lepas dari pemasangan jaringan komputer.
Dalam struktur pemasangan jaringan-jaringan komputer, peran dari kabel jaringan memang sangat penting. Kabel yang menjadi media penghantar arus listrik dan arus lainnya sehingga seluruh perangkat dapat bekerja secara maksimal. meskipun sering dipandang tidak begitu penting, namun ternyata kabel jaringan juga menjadi perangkat penentu yang sangat penting. Masalah yang sering muncul pada kabel jaringan adalah rusak karena digigit tikus, sobek karena terlalu sering digesek atau karena sering ditekan dan jadi lodek. Untuk menghalau segala masalah tersebut dapat dilakukan beberapa cara untuk melindungi kabel dari berbagai kerusakan seperti gigitan tikus, kerusakan akibat gesekan atau tekanan berlebih.
Cara untuk menghalau masalah-masalah tersebut antara lain melakukan pemilihan kabel yang tepat yakni dengan menggunakan kabel yang terbuat dari bahan besi atau plastik yang kokoh sebagai pembungkus kabel jaringan tersebut. perawatan juga dapat dilakukan dengan penataan kabel yang rapi dan pada tempat yang tepat. Misalnya ditempel dengan rapi dan bukan diletakkan di area atau tempat yang aman dan terhindar dari gesekan atau tekanan dari suatu benda. Pemilihan kabel yang juga akan mempengaruhi biaya jasa instalasi jaringan LAN yang dipatok oleh pihak peyedia jasa tersebut. pastikan kabel yang berkualitas dan penataan yang tepat dari awal pemasangan jaringannya.
o   Cara merawat HUB atau Switch
Jalannya jaringan komputer pada saat awal pemasangan melalui jasa instalasi jaringan juga tidak dapat terlepas dari perangkat Switch dan HUB yang merupakan perangkat yang berfungsi sebagai perantara atara server dan client. Tanpa adanya HUB dan Switch sebagai perangkat keras atau hardware maka komunikasi antara komputer server dan client tidak akan terjalin atau terjadi. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa peranan dari kedua perangkat ini sangatlah penting. Untuk itu, perawatan terhadap perangkat ini pun harus dilakukan.
Cara merawat kinerja Switch dan HUB sebenarnya cukup mudah. Yakni tinggal melakukan pengecekan secara berkala saja dan melakukan penempatan di lokasi yang tepat. Sebaiknya HUB dan Switch diletakkan di tempat yang bebas atau terhindari debu. Selain itu, agar dapat selalu bekerja secara maksimal, Switch ataupun HUB perlu diletakkan di area dengan suhu cenderung dingin dan tidak panas. Suhu yang terlalu panas dapat membuat kinerja kedua perangkat ini menjadi terganggu. Pengecekan berkala dan peletakan di area tepat daat membuat Switch atau HUB dapat bertahan lebih lama.
o   Cara merawat konektor RJ45
Kinerja jaringan komputer juga tidak luput dari peran penting konektor yang berfungsi sebagai kabel penghubung. Biasanya, saat pemasangan jaringan yang dilakukan oleh penyedia jasa instalasi jaringan LAN dan Wireless, konektor yang sering digunakan adalah konektor RJ45 yang menghubungkan kabel dengan kartu jaringan yang harus dirawat dengan baik. Cara perawatannya adalah dengan membersihkan pin konektor secara berkala. Pembersihan dapat dilakukan dengan sikat khusus atau peniti.
2.      Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia
Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir ini telah membawa dampak besar pada berbagai aspek kehidupan, bermacam bidang kehidupan semakin mengimbangi dirinya dengan teknologi yaitu dengan cara menggunakan teknologi itu sendiri, termasuk di dalamnya dunia bisnis. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bisnis yang satu ini. Menurut http://www.artikata.com kata informatika adalah hal-hal yg berkaitan dengan informasi, usaha dalam bidang informasi.Secara spontan dapat saya katakan bahwa bisnis informatika adalah sebuah bisnis perdagangan yang berhubungan erat dengan informasi, misalnya penjualan produk secara online.Para pelaku binis mau tidak mau harus menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi khususnya di bidang komputer, karena semua kegiatan bisnis sebagian besar menggunakan basis komputer.
Bisnis Informatika adalah salah satu bisnis yang paling cepat pertumbuhannya sekarang ini, baik di lingkup internasional maupun nasional. Yang membuat bisnis ini cepat pertumbuhannya adalah keikutsertaan teknologi yang perkembangannya tidak bisa dibendung.Sebenarnya bisnis informatika tidak hanya terbatas di dunia internet saja, namun lingkupnya juga mencakup di software development, consultan IT dsb yang berkaitan dengan TIK.
Seperti yang kita tahu permasalahan di dunia ini adalah “ruang dan waktu” oleh karena itu penerapan teknologi informatika sangat dibutuhkan, maka dibutuhkan sebuah penerapan teknologi ini untuk memecahkan masalah. Karena banyaknya permintaan dalam teknologi informasi dan komputer di Indonesia dalam segala bidang maka munculah perusahaan-perusahaan yang bergelut dalam bisnis informatika ini. Seperti contohnya adalah penyedia layanan internet, software house, hosting, dll.
Perkembangan bisnis informatika di Indonesia belakangan ini terjadi peningkatan yang sangat pesat mengingat kebutuhan akan bidang ini sangatlah besar dari tahun ke tahun. Ini menjadikan bisnis informatika menjadi salah satu bisnis yang mempunyai wajah cerah untuk kedepannya. Namun juga tetap harus didukung oleh SDM yang berkualitas, dalam menyikapi era bisnis ini.
Lima model bisnis TIK
Semua perusahaan yang bergerak di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) mengandalkan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) di dalam menjual produk dan jasanya. Namun penggunaan HAKI tergantung pada jenis model bisnisnya.
Pada umumnya sekarang ini dikenal ada 5 model bisnis TIK yang paling menonjol dalam pemanfaatan HAKI, dan di bawah ini beberapa contonya dari perusahaan anak bangsa Indonesia (huruf miring) dan juga perusahaan asing :
·         Lisensi produk software (contohnya perusahaan pembuat perangkat lunak seperti Andal Software, Dycode, Oracle, dsb)
·         Iklan (contohnya Detik.com, Google, dsb)
·         Software sebagai layanan (contohnya Infisys Pushmail, Salesforce.com, dsb)
·         Penjualan perangkat keras (contohnya Zyrex, Axioo, Apple, dsb)
·         Penjual jasa konsultasi, integrasi, perawatan, training dsb (contohnya Inixindo, Sigma, Redhat, dsb)

3.      Perusahaan yang Bergerak dibidang Bisnis Informatika
Di Indonesia banyak sekali perusahaan yang bergerak dibidang bisnis informatika, salah satu diantaranya ada pada bidang e-commerce ialah Tokopedia:
Tokopedia adalah perusahaan internet yang memungkinkan setiap individu dan pemilik bisnis di Indonesia untuk mengembangkan dan mengelola bisnis online mereka secara mudah dan gratis, sekaligus memungkinkan pengalaman berbelanja online yang lebih aman dan nyaman.

Tokopedia menggunakan salah satu jenis e-commerce, yaitu Marketplace atau bisa disebut juga dengan e-commerce C2C (Customer to Customer). Marketplace adalah bentuk bisnis yang selain menawarkan tempat sebagai media promosi bagi para penjual, pihak e-commerce tersebut memberikan layanan metode pembayaran dari transaksi online yang dilakukan. Pada umumnya pihak e-commerce akan memberikan layanan Escrow atau rekening pihak ke-3. Fungsi dari escrow sendiri adalah sebagai jembatan antara penjual, pembeli, dan pihak e-commerce. Penjual hanya akan mendapatkan uang jika kedatangan barang telah dikonfirmasi oleh pembeli. Dengan menggunakan metode ini, berbelanja di Tokopedia akan menjadi aman, dan penjual pun dapat membangun rasa percaya pembeli terhadap tokonya.

Visi :
"Membangun Indonesia lebih baik lewat internet"
Sejarah :
Tokopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.
PT Tokopedia mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, Tokopedia kembali mendapatkan suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010), Cyber Agent Ventures (2011), Netprice (2012), and SoftBank Ventures Korea (2013). Hingga pada Oktober 2014, Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama  di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI).
Berkat peranannya dalam mengembangkan bisnis online di Indonesia, PT. Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor E-Commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc tanggal 11 Desember 2014.
Jumlah Karyawan : 150 orang, dan terus bertambah.
Produk yang Disediakan : Tokopedia.com menawarkan jutaan produk yang terbagi dalam 21 kategori besar, meliputi:
  • Pakaian
  • Fashion & Aksesoris
  • Kecantikan
  • Kesehatan
  • Rumah Tangga
  • Dapur
  • Perawatan Bayi
  • Handphone & Tablet
  • Laptop & Aksesoris
  • Komputer & Aksesoris
  • Elektronik
  • Kamera, Foto & Video
  • Otomotif
  • Olahraga
  • Office & Stationery
  • Souvenir, Kado & Hadiah
  • Mainan & Hobi
  • Makanan & Minuman
  • Buku
  • Software
  • Film, Musik & Game
Hingga Januari 2015, terhitung lebih dari 1.200 kategori produk tersedia di Tokopedia.com.



Brand Ambassador
Pada tanggal 12 November 2014, Tokopedia secara resmi mengumumkan Chelsea Islan sebagai brand ambassador yang merepresentasikan Tokopedia. Sejak 21 Oktober 2015, Isyana Sarasvati menjadi brand ambassador yang mewakili Tokopedia.
Teknologi
Versi awal Tokopedia yang dibangun tahun 2009 menggunakan bahasa pemrograman Perl, database Oracle dan webserver Apache dengan mod_perl. Seiring perkembangan waktu, sekitar tahun 2015, Tokopedia mengganti mesin databasenya dengan PostgreSQL. Selain pergantian database server, webserver Tokopedia pun belakangan berganti menggunakan Nginx.
Di tahun 2015, arsitektur platform Tokopedia sudah berganti dari yang sebelumnya monolitik menjadi berbasis microservices. Pemilihan bahasa program pun mengalami perubahan, walaupun belum 100%, sebagian sistem Tokopedia sudah dibangun menggunakan bahasa program Go.
Tokopedia juga menggunakan beberapa layanan berbasis cloud, contohnya: S3 (untuk storage) dan Cloudsearch, keduanya dari Amazon Web Services.



Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS 4 Pengantar Komputasi Modern

Distributed Computation dalam Cloud Computing Cloud computing itu terdiri dari 2 kata, yaitu cloud dan computing. Secara harfiah cloud ad...