PENGEMBANGAN RENCANA BISNIS INFORMATIKA
CV. FUN TECH
Penyusun:
Kelompok 1
Achmad Rusmanto
(50415070)
Dewi Nur Aini (51415790)
Galih Ardiadji J.P
(52415811)
Kevin Kamaludin (53415700)
M. Arif Rahman H. (54415514)
Naufal Ahmad R. (54415997)
Syawaludin I. (56415772)
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Dalam
era globalisasi ini perusahan dalam bidang informasi dan teknologi
sangatberkembang dengan pesat. Hampir setiap hari perkembangan teknologi
informasi sangat berperan penting dalam memajukan suatu individu organisasi
maupun kelompok. Dalam memajukan usahanya diperlukannya suatu aplikasi dalam
bentuk android dekstop maupun web.
Tujuan
mendirikan perusahaan ini adalah memfasilitasi indiividu, organisasi ataupun
perusahaan yang membutuhkan apikasi maupun software. Dalam perkembangannya
perusahaan diharapkan mengalami kemajuan dalam melayani kepuasan pelanggan.
Didalam perusahaan tentu saja memiliki etika dan moral dalam berbisni sehingga
dapat memperbaiki perkembangan bisnis perusahaan itu sendiri. Secara sederhana
yang dimaksud dengan etika bisnis adalah cara-cara untuk melakukan kegiatan
bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan,
industri dan juga masyarakat. Semua ini mencakup bagaimana kita menjalankan
bisnis secara adil, sesuai dengan hukum yang berlaku, dan tidak tergantung pada
kedudukan individu ataupun perusahaan di masyarakat.
1.2 Identifikasi
Masalah
Dalam
makalah ini kami melakukan pengidentifikasian masalah-masalah yang terdapat pada
regulasi dan prosedur pendirian perusahaan, dimana masalah-masalah tersebut
mencangkup :
a.
Regulasi
dan Prosedur Pendirian Perusahaan
b.
SDM
dan Oganisasi
c.
Aspek
Pemasaran
d.
Aspek
Keuangan
1.3 Tujuan
Penulisan
Maksud
dari makalah ini yaitu kami ingin memberi gambaran kepada pembaca tentang dunia
usaha dan tahap-tahap berusaha/membuka usaha, supaya bagi pembaca yang ingin
membuat usaha baru tidak salah dalam mengambil tindakan. Makalah ini juga
bertujuan memberi wawasan dan pengetahuan yang lebih tentang tahap-tahap
membuat usaha baru yang ingin dijalanakan.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1
Bentuk-bentuk Usaha
a. CV(
commanditaire vennootschap ) atau Persekutuan Komanditer
CV adalah singkatan
dari Commanditaire Vennootschap, yaitu jenis badan usaha persekutuan yang belum
memiliki badan hukum. Pendirian CV atau Persekutuan Komanditer adalah
menggunakan akta dan harus didaftarkan.
Para pemilik modal pada
CV atau Persekutuan Komanditer dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sekutu aktif
dan sekutu pasif.
·
Sekutu
Aktif (Komplementer), yaitu sekutu yang menjalankan perusahaan dan memiliki hak
melakukan perjanjian dengan pihak ketiga.
·
Sekutu
Pasif (Komanditer), yaitu sekutu yang hanya menyerahkan modal dalam persekutuan
dan tidak turut campur dalam kepengurusan, maupun kegiatan perusahaan.
Ciri-ciri CV:
·
Terdapat
dua jenis keanggotaan dalam CV, yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif.
·
Sekutu
aktif adalah anggota yang berperan menjalankan perusahaan.
·
Sekutu
pasif adalah anggota yang hanya menanamkan modal usaha tanpa turut serta dalam
menjalankan perusahaan.
·
Sekutu
aktif memiliki tanggungjawab yang tidak terbatas
·
Sekutu
pasif memiliki tanggungjawab hanya sebesar modal yang ditanamkan kepada
perusahaan.
Kelebihan CV:
·
Proses
pendiriannya tergolong mudah.
·
Kemampuan
manajemen badan usaha berbentuk CV umumnya lebih besar.
·
Bentuk
usaha CV cenderung lebih mudah mendapatkan modal dari perbankan karena lebih
dipercaya.
·
Biasanya
CV lebih mudah berkembang karena manajemennya dapat diisi oleh profesional
sehingga pengelolaannya lebih baik.
·
Resiko
perusahaan dapat ditanggung secara bersama-sama oleh sekutu.
Kekurangan CV:
·
Operasional
CV tergantung pada sekutu aktif yang bertindak sebagai pemimpin sekutu sehingga
kelangsungan hidup perusahaan tidak menentu.
·
Modal
yang telah disetorkan ke perusahaan sangat sulit untuk ditarik kembali.
·
Mudah
terjadi konflik antara sekutu pengusaha di dalam CV.
b. PT
(Perseroan Terbatas)
Merupakan badan hukum perusahaan yang
banyak diminati pengusaha.Karena badan hukum ini punya kelebihan dibanding lainnya. Seperti luasnya badan
usaha yang bisa dimiliki, bebas dalam pergerakan bidang usaha dan tanggung
jawab yang dimiliki terbatas hanya pada modal yang disetorkan.
Ciri-Ciri PT:
·
Kewajiban
terhadap pihak luar hanya terbatas pada modal yang disetorkan.
·
Mudah
dalam peralihan kemepimpinan.
·
Usia
PT tidak terbatas.
·
Mampu
untuk menghimpun dana dalam jumlah yang besar.
·
Bebas
untuk melakukan berbagai aktivitas bisnis.
·
Mudah
mencari karyawan
·
Dapat
dipimpin oleh orang yang tidak memiliki saham.
·
Pajaknya
berganda antara Pajak Penghasilan dan Pajak Deviden
Kelebihan PT:
·
Mudah
dalam peralihan kepemimpinan.
·
Mudah
memperoleh tambahan modal.
·
Kelangsungan
perusahaan sebagai badan hukum lebih terjamin.
·
Lebih
efisien dalam manajemen pengolahan sumber-sumber modal.
Kekurangan PT:
·
Pajaknya
berganda antara Pajak Penghasilan dan Pajak Deviden.
·
Pendiriannya
memerlukan akta notaris dan ijin khusus usaha tertentu.
·
Biaya
pembentukan PT relatif tinggi.
·
Terlalu
terbuka dalam pelaporan kepada pemegang saham.
c. Koperasi
Koperasi adalah jenis badan usaha yang
beranggotakan orang – orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan
kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi
rakyat yang berlandaskan asas kekeluargaan.
Ciri-ciri Koperasi:
·
Koperasi
adalah perkumpulan orang – orang.
·
Penggabungan
orang – orang berdasarkan kesukarelaan.
·
Terdapat
tujuan ekonomi yang ingin dicapai.
·
Koperasi
yang dibentuk adalah satu organisasi bisnis.
·
Terdapat
kontribusi yang adil terhadap modal yang dibutuhkan.
·
Anggota
koperasi menerima manfaat dan resikonya secara seimbang.
Kelebihan Koperasi:
·
Sisa
hasil Usaha yang dihasilkan oleh koperasi akan dibagi kepada anggota.
·
Anggota
koperasi berperan jadi konsumen dan produsen sekaligus.
·
Seseorang
yang akan menjadi anggota koperasi atau yang ingin atau yang sudah menjadi
anggota, bukan karena terpaksa, melainkan keinginanya sendiri untuk memperbaiki
hidupnya.
·
Mengutamakan
kepentingan Anggota.
Kekurangan Koperasi:
·
Modal
terbatas.
·
Daya
saing lemah.
·
Tidak
semua anggota memiliki kesadaran berkoperasi.
·
Sumber
daya manusia terkadang kurang.
2.2 Prosedur Pengurusan Izin Usaha
Prosedur
atau langkah-langkah dalam mendirikan usaha berbadan hukum, antara lain membuat
SITU (Surat Izin Tempat Usaha) dan HO (Surat Izin Gangguan), membuat SIUP
(Surat Izin Usaha Perdagangan), membuat NPWP (Nomor Induk Wajib Pajak), embuat
TDP (Tanda Paftar Perusahaan), membuat nomor rekening bank atas nama perusahaa,
membat AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).
2.3 Membuat Surat Izin Tempat Usaha
(SITU) dan Surat Izin Gangguan (HO)
Surat Izin
Tempat Usaha (SITU) merupakan pemberian izin tempat usaha yang kepada seseorang
atau badan usaha yang tidak menimbulkan gangguan atau kerusakan lingkungan di
lokasi tertentu. Sedangkan Surat Izin Gangguan (HO) adalah pemberian izin tempat
usaha kepada perusahaan atau badan di likasi tertentu yang dapat menimbulkan
bahaya, gangguan, atau kerusakan lingkunagan. Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
dan Surat Izin Gangguan (HO/Hinder Ordonantie) harus diperpanjang atau dadaftar
setiap lima tahun sekali. Langkah-langkah buntuk mendapatkan Surat Izin Tempat
Usaha (SITU) dan Surat Izin Gangguan (HO), yaitu sebagai berikut.
- Membuat
surat izin tetangga
- Membuat
surat keterangan domisili perusahaan
Dokumen yang diperlukan untuk
membuat Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Gangguan (HO), antara
lain :
- Fotocopy
KTP permohonan
- Foto
permohonan ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 buah
- Formulir
isian lengkap dan sudah ditandatangani
- Fotocopy
pelunasan PBB tahun berjalan
- Fotocopy
IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
- Fotocopy
sertifikat tanah atau akta tanah
- Denah
lokasi tempat usaha
- Surat
pernyataan tidak keberatan dari tetangga (Izin Tetangga) yang diketahui
RT/RW
- Izin
sewa atau kontrak
- Surat
keterangan domisili perusahaan
- Fotocopy
akta pendirian perusahaan dari notaris
- Berita
acara pemeriksaan lapangan
2.4 Membuat
Nomor Rekening Perusahaan
Sebelum
membuat akta pendirian perusahaan, notaris akan menanyakan berapa presentase
saham masing-masing pemilik. Oleh sebab itu harus melakukan hal berikut ini.
- Membuat nomor rekening atas
nama perusahaan
- Melakukan setoran modal
- Menyerahkan bukti setoran
2.5 Membuat Nama Logo dan Merek
Perusahaan
Anda harus merancang dan mendesign
identitas dari usaha terlebih dahulu, yang meliputi :
- Nama
perusahaan
- Logo
perusahaan
- Alamat
perusahaan
- Kartu
nama dan tag line (slogan)
- Kop
surat dan dokumen-dokumen lainnya
- Stempel
perusahaan
- Maksud
dan tujuan usaha
- Jumlah
usaha
- Susunan
direksi dan komisaris (khusus untuk PT)
2.6 Membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Sudah
menjadi ketetapam pemerintah bahwa setiap wajib pajak baik individu maupun
pemilik perusahaan harus mempunyai Nomor Induk Wajib Pajak (NPWP). Apabila
omset penjualan mulai berkembang dan terus meningkat dalam jumlah tertentu
diwajibkan mendaftarkan perusahaan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) dan akan
diberikan Nomor Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (NPPKP). Wajib pajak yang tidak
mendaftarkan diri ke Kantor Pelayanan Pajak akan dikenakan sanksi pidana sesuai
pasal 39 Undang-Undang No. 16 Tahun 2000 tentang Perubahan Kedua Atas
Undang-Undang No.6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara
Perpajaknnya.
2.7 Membuat Akta Pendirian Perusahaan
Kesepakatan
tersebut dituangkan dalam akta pendirian perusahaan yang dibuat dihadapan
notaries. Hal ini bertujuan untuk :
- Menghindari terjadinya perselisihan
- Memberikan penjelasan status kepemilikan
perusahaan
- Mencantumkan nilai saham (Presentase kepemilikan)
- Mengetahui besarnya modal
Surat perizinan yang hanya
ditandatangani diatas materai oleh RT/RW dianggap kuarang sah dihadapan hukum.
Untuk membuat akta pendirian perusahaan diperlukan dokumen-dokumen berikut :
- Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) para pendiri
- Fotocopy Kartu Keluaraga (KK)
- Fotocopy NPWP penanggung jawab
- Foto penenggumng jawab pwerusahaan ukuran 3 x 4
- Fotocopy lunas PBB tahun terakhir
- Fotocopy surat kontrakan/ sewa kantor
- Surat ketarangan domisili dari pengelola gadung
- Surat keterangan domisili dari RT/RW
- Foto kantor tampak depan, tampak dalam (ruangan
berisi meja, kursi, dan komputer)
Setelah mendapatkan akta pendirian
perusahaan, harus mendaftarkan dan mengesahkan perusahaan ke kementrian
terkait, yaitu :
- Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik
Indonesia
- Kementrian tenaga Kerja
- Kementrian Perindustrian dan Kementrian
Perdagangan
- Kementrian Pekerjaan Umum
2.8Membuat Surat Izin Usaha Perdgangan (SIUP)
Berdasarkan
peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 36/M-DAG/PER/9/2007
tantang penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan, Surat Izin Usaha Perdagangan
(SIUP) adalah surat izin untuk dapat melakukan kegiatan usaha perdagangan yang
dikeluarakan instansi Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan
sesuai dengan tempat/domisili perusahaan. SIUP dapat di berikan kepada para
wirausaha baik perseorangan, CV, Pt, BUMN, firma, ataupun koperasi.
Pengklasifikasian SIUP dapat diklasifikasikan sebagai
berikut.
- SIUP
Kecil
- SIUP
Menengah
- SIUP
Besar
Proseder permohonan SIUP
- Permohonan
SIUP menengah dan SIUP kecil
- Permohonan
SIUP besar
Dokumen-dokumen yang diperlukan
untuk pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Perusahaan baik PT, CV,
koperasai maupun perseorangan harus membawa dokumen yang lengkap beserta
copynya untuk pengurusan SIUP ke Dinas Perindustriandan Perdagangan kota/
kabupaten.
Dokumen yang diperlukan antara lain :
Dokumen yang diperlukan antara lain :
- Fotocopy
akta notaris pendirian perusahaan
- Fotocopy
SK Pengesahan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia
- Fotocopy
NPWP
- Fotocopy
KTP pemilik
- Fotocopy
Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
- Fotocopy
KK
- Fotocopy
surat keterangan domisili perusahaan
- Fotocopy
surat kontrak/ sewa
- Foto
direktur utama/ pimpinan perusahaan ukuran 3 x 4
- Neraca
perusahaan
2.9 Membuat Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
Tanda Daftar
Perusahaan (TDP) adalah daftar catatatan resmi sebagai bukti bahwa perusahaan/
badan usaha talah melakukan wajib daftar perusahaan sesuai dengan ketentuan
Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1982 tantang wajib daftar. Berdasarkan pasal 38
KUHD (Kitab Undang-Undang Hukum Dagang), akta pendirian perusahaan yang memuat
anggaran dasar yang sudah mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi
Munusia Republik Indonesia, harus didaftarkan di Panitera Pengadilan Negara
sesuai domisili perusahaan, kemudian diumumkan melalui Berita Negara. Hal-hal
yang perlu di daftarkan :
- Akta
pendirian perusahaan
- Akta
perubahan anggaran dasar dan laporan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi
Manusia Republik Indonesia
- Akta
perubahan anggaran dasar dan surat persetujuan Mentri Hukum dan hak Asasi
Manusia Republik Indinesia.
2.10 Prosedur permohonan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
- Tanda Daftar Perusahaan (TDP) yang berupa PT dan
yayasan harus mendapatkan pengesahaan dan persetujuan akta pendirian
perusahaan dari Menteri Hukum dan hak Asai Manusia terlebih dahulu.
- Perusahaan mengambil formulir permihonan
permohonan TDP.
- Perusahaan membayar biaya administrasi
pendaftaran TD sesuai dangan Surat Keputusan Menteri Perdagangan
No.286/Kep/II/85.
- Petugas kantor pendaftaran perusahaan
- Dokumen-dokmen yang diperlukan untuk pengurusan
Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
Dokumen yang
diperlukan untuk pengurusan Tanda Daftar Perusahaan (TDP), antara lain untuk
Perseroan Terbatas (PT), Persekutuan Komanditer (CV)/ Firma (Fa) dan Koperasi
adalah sebagai berikut :
- Formulir
Isian
- Fotocopy
Akta Pendirian Perusahaan
- Fotocopy
Pengesahaan Akta
- Asli
dan Fotocopy Pengesahaan Akta Pendirian
- Fotocopy
Surat Keterangan Domisili Perusahaan
- Fotocopy
Surat Izin Tempat Usaha
- Nomor
Pokok Wajib Pajak
- Fotocopy
SIUP
- Fotocopy
KTP
- Fotocopy
akta Pendirian dan Pengesahan
- Fotocopy
KTP penanggung jawab koperasi
- Bukti
setor biaya administrasi
- Fotocopy
paspor jika pemilik WNA
2.10 SDM dan Struktur Organisasi
SDM atau sumber daya manusia adalah
proses penanganan masalah pada perusahaan yang memiliki ruang lingkup mulai
dari karyawan sampai manajer dan tenaga kerja lainnya yang ada dalam suatu
perusahaan,biasanya terdapat pada department sumber daya manusia. Hal tersebut
untuk menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan yang bertujuan tuntuk
mencapai target suatu perusahaan tersebut.
Fungsi dari SDM antara lain sebagai berikut :
a) Rekrutment
tenaga kerja
Merupakan suatu proses pencarian calon tenaga kerja
atau karyawan pada suatu perusahaan, dalam tahap ini diperlukan jobdesk dan job
specification.
b) Seleksi
tenaga kerja
Pada tahap ini, divisi SDM melakukan seleksi terhadap
kandidat yang telah dipilih pada tahap recruitment yang antara lain para calon
tenaga kerja akan mengikuti beberapa test standar perusahaan untuk dapat
diterima di perusahaan tersebut.
c)
Pengembangan dan evaluasi karyawan
Tenaga kerja harus menguasai pekerjaan yang menjadi
tugasnya. maka diperlukan pembekalan agar tenaga kerja dapat lebih menguasai
bidangnya masing-masing serta meningkatkan kinerja yang ada.
d) Memberikan
kompensasi dan proteksi
Kompensasi yang tidak sesuai dengan kondisi yang ada
dapat menyebabkan masalah ketenaga kerjaan di kemudian hari atau pun dapat
menimbulkan kerugian pada perusahaan.
Proteksi perlu diberikan kepada pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaannya
dengan tenang sehingga kinerja perkerja tersebut dapat tetap maksimal.
Struktur Organisasi adalah Suatu
susunan dan hubungan antara tiap bagian baik secara posisi maupun tugas yang
ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai suatu
tujuan.
2.11 Aspek
Pemasaran
Aspek pemasaran adalah faktor
penting yang dijadikan kunci keberhasilan bagi perusahaan dalam memetakan suatu
pasar. Dengan mengenali aspek tersebut, seseorang dapat melakukan studi
kelayakan bisnis sehingga ia dapat menganalisa bisnis tersebut layak atau tidak
untuk direalisasikan.
2.12 Aspek Keuangan
2.12.1 Komponen Biaya
Komponen biaya,
adalah semua biaya yang dikeluarkan yang berhubungan dengan pengembangan system
informasi.
yang termasuk dalam klasifikasi biaya,
adalah :
a. Biaya
pengadaan (procurement cost), yaitu biaya yang termasuk sehubungan untuk
memperoleh perangkat keras dan biasanya digunakan pada tahun pertama
b. Biaya
persiapan operasi ( start-up cost), yaitu yang berhubungan dengan semua biaya
untuk membuat sistem siap diop
c. Biaya
proyek (project-related cost), yaitu biaya yang berhubungan dengan biaya-biaya
untukmengembangkan sistem termasuk penerapannya. Biaya-biaya proyek tersebut
adalah biaya dalam tahap analisis sistem, biaya dalam tahap disain sistem dan
biaya penerapan sistem
d. Biaya
operasi (ongoing cost) dan biaya perawatan (maintenance cost).Biaya operasi
yaitu biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan sistem supaya dapat
beroperasi.Biaya perawatan yaitu biaya yang dikeluarkan untuk merawat sistem
dalam masa operasinya.
2.12.2Estimasi
Biaya
Estimasi biaya adalah penghitungan
kebutuhan biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu kegiatan atau
pekerjaan sesuai dengan persyaratan atau kontrak.
·
Standar Biaya SDM
Biaya
standar adalah biaya yang direncanakan unt suatu produk dalam kondisi operasi
sekarang atau yang diantisipasi. Suatu biaya standar memiliki dua komponen:
standar fisik, yang merupakan kuantitas standar dari input per unit output, dan
standar harga, yang merupakan biaya standar atau tarif standar per unit input.
Dan berhubungan dengan Sumber Daya Manusia
·
Standar Biaya Peralatan
Biaya
standar adalah biaya yang direncanakan unt suatu produk dalam kondisi operasi
sekarang atau yang diantisipasi. Suatu biaya standar memiliki dua komponen:
standar fisik, yang merupakan kuantitas standar dari input per unit output, dan
standar harga, yang merupakan biaya standar atau tarif standar per unit input.
Dan berhubungan dengan Peralatan yang dipakan pada suatu produk
2.12.3 Penyusunan
Anggaran
Anggaran
merupakan implementasi dari rencana dari rencana strategi yang telah
ditetapkan.
Penyusunan
anggaran adalah Proses pengoperasionalan rencana dalam
bentukpengkuantifikasian, biasanya dalam unit moneter, untuk kurun waktu
tertentu.
Anggaran
merupakan rencana yang diungkapkan secara kuantitatif dalam unit moneter untuk
periode satu tahun.
2.12.4 Penyusunan
Cashflow Perusahaan
Cash Flow yaitu suatu aliran kas perusahaan yang
merupakan siklus keuangan didalam suatu perusahaan mengenai kegiatan operasi,
transaksi yang terjadi serta kenaikan atau penurunan bersih dalam kas
perusahaan selama periode yang telah ditentukan sebelumnya dan dilakukan secara
kontinu. Dengan adanya laporan cash flow, perusahaan dapat menentukan biaya
produksi yang dibutuhkan untuk transaksi selanjutnya serta keuntungan yang
didapatkan yang berasal dari transaksi yang telah terjadi sehingga akan
menambah asset dari perusahaan tersebut.
Cash
flow terdiri dari 2 jenis aliran yaitu
1. Cash Inflow
Cash inflow yaitu laporan yang berisi
keuntungan yang didapatkan suatu perusahaan yang menjadi pemasukan keuangan
perusahaan sehingga akan menambah asset dari perusahaan tersebut. Dalam hal ini
meliputi
- Hasil penjualan produk atau jasa yang
ditawarkan oleh perusahaan
- Piutang yang sudah didapatkan
- Sejumlah tambahan modal yang berasal dari
investor
- Pinjaman dana dari pihak lain dan lain
sebagainya
2. Cash Outflow
Cash outflow yaitu laporan yang berisi
pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk menunjang kebutuhan suatu perusahaan.
Dalam hal ini meliputi
- Dana yang dibutuhkan untuk biaya produksi
yang dibutuhkan untuk transaksi berikutnya
- Dana untuk membayar biaya tenaga kerja yang
ada
- Dana untuk membeli asset yang baru yang
dibutuhkan perusahaan
- Pembayaran hutang-hutang perusahaan
- Pembayaran biaya sewa, biaya bunga, biaya
pajak dan biaya pengeluaran lainnya
Dari laporan cash inflow dan cash outflow
diatas memberikan informasi yang saling berhubungan agar perusahaan dapat
menentukan hal apa saja yang harus dilakukan baik dalam jangka dekat maupun
panjang. Dalam hal itu terdapat standar yang digunakan dalam laporan keuangan
yang terdiri dari
+ Kegiatan Operasional
Pada kegiatan operasional meliputi
pendapatan dan pengeluaran yang terjadi didalam perusahaan sendiri sehingga
data yang diperoleh secara actual seperti data pada cash outflow dalam hal
pembayaran biaya tenaga kerja, biaya sewa, biaya bunga dan biaya pajak.
+ Investasi
Kegiatan investasi dapat menambahkan cash
inflow suatu perusahaan atau dapat menambah asset perusahaan tersebut. Salah
satu kegiatan investasi yaitu memberikan pinjaman, dengan begitu akan
menciptakan piutang bagi peminjam.
+ Pendanaan
Kegiatan pendanaan bertujuan untuk menarik
investor agar dapat menambah cash inflow suatu perusahaan untuk memenuhi
kebutuhan perusahaan tersebut
2.12.5 Time
Value of Money dan Tingkat Suku Bunga
Time value of
money atau dalam bahasa Indonesia disebut nilai waktu dari uang merupakan suatu
konsep yang menyatakan bahwa nilai uang pada waktu sekarang akan lebih berharga
dari pada nilai uang pada masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu
pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu.
Tingkat bunga
yaitu sebagai harga dari penggunaan uang untuk jangka waktu tertentu.
Pengertian tingkat bunga sebagai harga ini bisa juga dinyatakan sebagai harga
yang harus dibayar apabila terjadi pertukaran antara satu rupiah sekarang dan
satu rupiah nanti.
Kriteria
investasi ini sangat bermanfaat dalam melakukan pengukuran manfaat atau
keuntungan yang akan diperoleh jika melakukan investasi terhadap suatu usaha.
Banyak orang yang menanggung rugi karena serampangan dalam melakukan
perhitungan atau bahkan tidak mengukur terlebih dahulu tingkat viabilitas dan
share profit serta management risk-nya ketika ia melakukan investasi.
2.12.6 Kriteria
Investasi
Dalam mengukur
sebuah investasi sebaiknya tidak hanya mengandalkan satu metode saja,
menggunakan beberapa metode sekaligus lebih baik. Semakin banyak metode yang
dipakai, maka akan semakin banyak gambaran yang lebih lengkap. Informasi yang
didapat lebih banyak. Sehingga keputusan investasi bisa lebih tertarget dan
menghasilkan keuntungan yang maksimal.
·
IRR (Internal Rate of Return)
Analisa metode
penilaian Internal Rate of Return (IRR) adalah metode analisa investasi dengan
menghitung tingkat suku bunga yang menyamakan present value (nilai sekarang)
investasi saat ini dengan present value dari penerimaan arus kas dimasa yang
akan datang.
Metode IRR ini
mungkin metode yang paling sering dilakukan. Mungkin karena mudah digunakan dan
banyak yang beranggapan dan percaya bahwa perhitungan IRR adalah hitungan yang
menunjukkan tingkat return yang sebenarnya.
·
Payback Period
Analisa metode
penilaian investasi payback period adalah sebuah metode untuk mengetahui kapan
waktu kembalinya dana investasi yang telah dikeluarkan. Payback period mengukur
lamanya dana investasi yang dikeluarkan perusahaan akan kembali seluruhnya
seperti awal mula.
Dengan analisa
metode payback period akan diketahui berapa lama sebuah investasi bisa
dikembalikan ketika terjadi kondisi BEP (break even point) atau titik impas.
Perhitungan
metode ini diakukan dengan menghitung periode waktu yang dibutuhkan ketika
jumlah arus kas yang masuk sama dengan jumlah arus kas yang keluar.
Secara umum,
apabila hasil payback periode menunjukkan periode pengembalian yang lebih
cepat. Maka investasi tersebut layak untuk dijalankan. Begitu juga sebaliknya,
apabila payback period menunjukkan periode pengembalian yang lebih lama. Maka
investasi tersebut tidak layak untuk dijalankan.
Apabila ada
lebih dari satu jenis investasi yang ditawarkan, periode pengembalian yang
paling singkat yang seharusnya dipilih.
Analisa metode
payback period hanya disarankan untuk memperoleh tambahan informasi mengenai
kecepatan waktu pengembalian dana yang akan diiinvestasikan. Seperti perusahaan
teknologi contohnya handphone yang setiap bulan bahkan muncul produk baru yang
membuat produk sebelumnya menjadi usang. Padahal masih baru.
2.12.7 Pencatatan
Keuangan Sederhana
Ketika memulai
suatu usaha, orang sering lupa menyiapkan pencatatan keuangan atau pembukuan
alias laporan, meski sederhana. Padahal, fungsi pembukuan ini sangat vital bagi
kelangsungan bisnis, karena dengan adanya pembukuan tersebut akan memudahkan
masyrakat untuk mengatur arus keuangan yang masuk dan keluar agar dapat
diketahui secara rinci keuntungan dan kerugian yang didapatkan.
Setelah
mengetahui pentingya pembukuan, tentu harus dapat mengerti bagaimana melakukan
pembukuan tersebut, setidaknya taraf yang sederhana. Apa pun pemasukan dan pengeluaran perusahaan,
mulai sekarang harus dicatat. Itulah yang paling sederhana. Paling tidak Anda
punya cash-flow (aliran kas), profit and lost (rugi laba), serta neraca
sederhana.
.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Bentuk Usaha
Nama dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan : CV. Fun
Tech
Berdirinya
Perusahaan: 2018
Alamat perusahaan : Jl. Akses Ui, No.32 Depok, Jawa Barat
16451, Indonesia
No. Telp
: 0812000000
Nama dan Alamat Pemilik
Nama pemilik : Galih
Ardiadji
Alamat pemilik : Jl. Raya Bogor, KM.28 Jakarta
Timur 13710, Indonesia
No. Telp
: 0812000000
Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama
: Galih Ardiadji
Alamat
: Jl. Raya Bogor, KM.28 Jakarta Timur 13710, Indonesia
No. Telp
: 08120000000
Perusahaan
Fun Tech bergerak di bidang pembuatan software seperti aplikasi perkantoran,
administrasi, manajemen perusahaan, pemerintahan, aplikasi – aplikasi yang
ditujukan untuk pendidikan dll. Software yang kami buat bergaransi resmi.
Perusahaan kami pun dapat melakukan developing atau pengembangan software.
Sebelum kami
menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempersiapkan
biaya sebagai modal usaha. Untuk metode pemasaran, perusahaan kami akan
mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui website yang kami miliki
sebagai media utama dalam memasarkan produk-produk jasa kami, di tunjang
juga dengan beberapa cara pemasaran melalui sosial media serta penggunaan
spanduk-spanduk yang akan kami pasang di beberapa pusat keramaian seperti pusat
pertokoan atau perbelanjaan, pintu masuk perumahan, dsb.
3.2 Prosedur dan Legalitas
CV. Fun Tech didirikan pada tanggal 19 Desember 2018 dengan nama CV. Fun Techno berdasarkan Akta No. 11 tanggal 19 Desember 2018 dari Imes Amelia, S.H., notaris di Jakarta. Akta pendirian tersebut telah disahkan oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam Surat Keputusannya No. C-241950. HT.01.01.TH.2018 tanggal 21 Desember 2018, yang dimuat dalam Tambahan No. 1772, Berita Negara Republik Indonesia No. 18 tanggal 3 Maret 2019.
Berikut lampiran
dokumen terkait :
2.13 SIUP
2.14 TDP
2.15 NPWP
2.16 SPP
3.3 Struktur
Organisasi
b.
Wakil
Direktur : Tasya
c.
Sekretaris : Naufal Ahmad R.
d.
Project
Manager : M. Arif Rahman
e.
Administrasi : Dewi Nuraini
f.
Pemasaran
: Achmad Rusmanto
g.
Designer : Kevin Kamaludin
h.
Developer : Syawaludin I.
3.4 Deskripsi
dan Spesifikasi Tugas
JABATAN
|
TUGAS
|
Direktur
|
1. Memimpin perusahaan dengan menerbitkan kebijakan-kebijakan
perusahaan atau institusi
2. Memilih, menetapkan, mengawasi tugas dari karyawan
3. Menyetujui anggaran tahunan perusahaan atau
institusi
4. Mencari atau menerima project dari perusahaan atau
institusi
5. Mengendalikan dan mengatur organisasi/perusahaan
6. Mengembangkan kualitas organisasi/perusahaan
7. Mengevaluasi Aktivitas organisasi/perusahaan
|
Wakil Direktur
|
1. Membantu Direktur dalam menjalankan
tugas-tugasnya.
2. Mengkoordinasi Manajer-manajer bidang dalam
menjalankan fungsinya.
3. Memberikan masukan bersifat konstruktif ke-pada
Direktur dan pengurus
|
Project Manager
|
1. Melaksanakan dan mengontrol operasional proyek
sehingga operasi proyek dapat berjalan sesuai dengan rencana (on track).
2. Mengkomunikasikan dalam bentuk lisan dan tertulis
(Laporan Kemajuan Pekerjaan).
3. Mengidentifikasi dan menyelesaikan potensi masalah
yang akan timbul agar dapat diantisipasi secara dini.
4. Melakukan koordinasi kedalam (team proyek,
manajemen, dll) dan keluar
|
Administrasi
|
1. Melakukan pendataan pada semua kegiatan perusahaan
2. Menghubungkan konsumen dengan perusahaan
3. Membuat semua surat untuk keperluan perusahaan
4. Melakukan penjadwalan untuk semua staff yang ada
dalam perusahaan
|
Sekretaris
|
1. Menyiapkan agenda rapat untuk pimpinan perusahaan.
2. Membuat janji dengan klien yang akan bertemu
dengan pimpinan ataupun staff perusahaan.
3. Menjaga citra perusahaan
|
Pemasaran
|
1. Menetapkan pedoman barang dan jasa
2. Menetapkan dan mengevaluasi upaya strategis dan
kebijkan pemasaran serta pengadaan
barang dan jasa
3. Memberikan masukan pada direktur dalam memutuskan
hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran.
4. Memasrkan barang dan jasa perusahaan
|
Designer
|
1.
Membuat
design ataupun prototype yang diberikan oleh analisis.
|
Developer
|
1. Membuat program yang terkhusus pada bagian
back-end.
2. Terfokus pada bagian coding program.
|
3.5
Sistem Penggajian
No
|
Jabatan
|
Gaji
Pokok
|
Uang
Transport
|
Uang
Makan
|
Total
Gaji
|
1
|
Direktur
|
Rp. 9.900.000
|
Rp. 2.250.000
|
Rp. 1.800.000
|
Rp. 13.950.000
|
2.
|
Wakil Direktur
|
Rp. 8.700.000
|
Rp. 2.250.000
|
Rp. 1.800.000
|
Rp. 12.750.000
|
3
|
Project Manager
|
Rp. 7.200.000
|
Rp. 2.250.000
|
Rp. 1.800.000
|
Rp. 11.250.000
|
4
|
Administrasi
|
Rp. 7.150.000
|
Rp. 2.250.000
|
Rp. 1.800.000
|
Rp. 11.200.000
|
5
|
Sekretaris
|
Rp. 6.900.000
|
Rp. 2.250.000
|
Rp. 1.800.000
|
Rp. 10.950.000
|
6
|
Pemasaran
|
Rp. 5.750.000
|
Rp. 2.250.000
|
Rp. 1.800.000
|
Rp. 9.800.000
|
7
|
Designer
|
Rp. 5.500.000
|
Rp. 2.250.000
|
Rp. 1.800.000
|
Rp. 9.550.000
|
8
|
Developer
|
Rp. 6.000.000
|
Rp. 2.250.000
|
Rp. 1.800.000
|
Rp. 10.050.000
|
TOTAL
|
Rp.
57.100.000
|
Rp.
18.000.000
|
Rp.
14.400.000
|
Rp.
89.500.000
|
3.6
Aspek Pemasaran
a. Product
(produk)
Jasa yang direncanakan
untuk ditawarkan adalah Pembuatan Web, Pembuatan Aplikasi Android & IOS,
dan Aplilasi Desktop. Jasa yang telah ditawarkan akan dipasarkan melalui iklan
pada website dan aplikasi seperti tokopedia, shopee, bukalapak, dan blog. Pada
iklan akan diberi label: Jasa Pembuatan Web, Aplikasi Android &IOS, dan
Desktop. Jasa yang dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi. Sudah diketahui
bahwa jasa yang dibuat dari kami ini sangat user friendly yang mudah digunakan
oleh banyak orang dan desain yang sangat enak untuk dipandang mata.
b. Place
(lokasi/distribusi)
Usaha ini berlokasi di Ruko Develop
Hackton Blok S no.3. Adapun sasaran jasa layanan pembuatan web ataupun aplikasi
ini adalah mahasiswa di Universitas ber-daerah Depok dan perusahaan-perusahaan
IT (Teknik Informatika).
c. Price
(harga)
Penentuan harga jual dilakukan dengan
cara menghitung tingkat kesulitan ditambah durasi lama pengerjaan dan tren yang
berlaku. Jika jasa yang diinginkan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi maka
haraganya pun akan semakin tinggi. Adapun rencana harga jual dari jasa kami
adalah Rp. 250.000 – Rp. 25.000.000 /jasa.
d. Promotion
(promosi)
Promosi akan dilakukan
untuk mengenalkan jasa ini kepada konsumen. Promosi akan dilakukan dengan
menempelkan iklan-iklan pada website dan aplikasi tokopedia, shopee, bukalapak,
dan blog. Selain itu juga akan memanfaatkan buletin yang terbit di kampus
,serta melalui blog perusahaan yaitu: FunTech.com.
3.7 Analisis Operasional
a. Desain
Produk
Aplikasi yang
telah menjadi prototype akan diiklankan. Pengiklanan di sini dilakukan
karena memiliki peranan yang sangat
penting dalam dunia usaha, karena pengiklanan tidak sekedar memberi informasi
dari produk yang dihasilkan tapi lebih pada penggambaran mengenai aplikasi yang
akan dikerjakan. Di mana konsumen akan cenderung tertarik dengan produk yang
diiklankan dengan menarik.
Selain itu, pada
iklan juga akan diberi label. Pemberian label di sini tidak hanya sekedar
tulisan, tapi di dalamnya terkandung pesan-pesan tertentu yang disampaikan pada
konsumen. Dengan harapan produknya dapat dikenal oleh konsumen luas, sehingga
mudah dicari ketika dibutuhkan. Selain itu label juga berfungsi sebagai jaminan
atas kualitas produk, sarana untuk merk dagang, logo perusahaan, nama dan
alamat perusahaan. Informasi yang ingin disampaikan kepada konsumen tersebut
terangkum dalam tulisan yang dicetak pada iklan produk. Maka pada iklan akan
dituliskan dengan label: Jasa Pembuatan Web, Aplikasi Android &IOS, Desktop
dan juga logo perusahaan, nama dan alamat perusahaan.
b. Proses
Produksi
Pada proses
produksi tergantung kebutuhan para client, apabila client membutuhkan aplikasi
desktop atau mobile, beberapa hal yang akan digunakan adalah:
1. Laptop atau computer
2. Bahasa pemrograman
3. Editor
Apabila
kebutuhan client jika ingin membuat aplikasi web atau membuat sebuah iklan,
maka proses produksi yang akan dibutuhkan adalah:
1. Laptop atau computer
2. Bahasa pemrograman
3. Editor
4. Hostinger
5. Google Ads
Cara prosesnya:
1. Membuat rancangan sistem alur data
terlebih dahulu dalam proses pembuatan aplikasi.
2. Buat struktur navigasi untuk
perancangan stuktur interface dalam sebuah aplikasi yang diinginkan.
3. Buat sebuah rancangan tampilan desain
aplikasi mobile ataupun website dengan metode-metode UI/UX sesuai dengan
kebutuhan client.
4. Ketika rancangan desain sudah dibuat
maka proses berikutnya adalah tahap pengkodean, dengan memasukkan
algoritma-algoritma sesuai kebutuhan dalam aplikasi.
5. Ketika proses pengkodean sudah selesai,
langkah selanjutnya adalah tahap implementasi, dengan cara memberi sebuah
sample dari aplikasi tersebut kepada client. Apabila client merasa terpenuhi
keinginannya dengan aplikasi yang dibuat, maka siap untuk di publish ke
internet. Apabila aplikasi yang dibuat adalah aplikasi mobile, maka akan di
publikasi dengan mengupload aplikasi tersebut ke pelayanan penjualan aplikasi
seperti playstore atau App Store. Kemudian jika proses yang dibuat aplikasi
web, maka akan dipublikasikan dengan melakukan proses hostinger dimana aplikasi
tersebut dapat dilihat oleh seluruh pengguna internet.
3.7
Analisis Peluang Pasar dan Pesaing
a.
Analisis Peluang Pasar
Peluang pasar
untuk produk aplikasi ini sangatlah besar dalam pandangan masyarakat modern dan
peluang yang cukup menjanjikan dalam bidang IT. Produk ini dapat diproduksi
oleh semua golongan karena harganya sesuai dengan harga yang cukup terjangkau
bagi mahasiswa hingga perusahaan-perusahaan besar lainnya.
Sasaran pasar
produk jasa ini utamanya adalah para mahasiswa-mahasiswa Universitas yang
berlokasi Depok dan sekitarnya serta perusahaan-perusahaan IT lainnya. Tempat
pelayanan di kampus, bisa diberi dengan menaruh beberapa brosur di lokasi
kampus sekitar, kemudian untuk pelayanan di perusahaan adalah dengan memberikan
kartu nama perusahaan layanan jasa.
Untuk menembus
tingkat pasar yang optimal, maka diperlukan sekali untuk memikirkan sebuah
strategi yang akan ditempuh untuk membangun sebuah usaha agar mendapatkan
respon yang bagus dari konsumen di dunia pasar teknologi. Dengan menganalisa
lingkungan internal dan eksternal yang ada akan mempermudah bagi perusahaan
dalam menyusun strategi yang baik dan efisien.
b.
Tingkat Persaingan
Melihat situasi
di tempat yang akan dimasuki jasa, sepertinya jasa ini akan bersaing di pasaran.
Hal ini dikarenakan harganya yang terjangkau dan sangat pas untuk ukuran dompet
mahasiswa dan khalayak umum.
Selain itu
pesaing yang akan menyaingi produk ini jika di cari dengan google
https://www.afedigi.com yang kemungkinan akan bersaing melihat dari pengalaman
yang sudah cukup lama dan memiliki rating yang tinggi .
3.8Komponen biaya / Anggran
·
Pengeluaran
Tetap
a. Sewa
Tempat : Rp. 180.000.000
/tahun
b. Listrik : Rp. 10.000.000 /bulan
c. Air :
Rp. 3.000.000 /bulan
d. Telepon : Rp. 5.000.000 /Tahun
e. Internet
Service Provider : Rp. 1.000.000 /bulan
f. Gaji
dan Upah Karyawan : Rp. 57.100.000
3.9 Estimasi Biaya
·
Standar
biaya SDM
a. Direktur :
Rp. 9.900.000 ./bulan
b. Wakil
Direktur : Rp. 8.700.000 /bulan
c. Sekretaris : Rp. 6.900.000
/bulan
d. Project
Manager : Rp. 7.200.000
/bulan
e. Administrasi :
Rp. 7.150.000 /bulan
f. Pemasaran : Rp. 5.750.000
/bulan
g. Desainer :
Rp. 5.500.000 /bulan
h. Developer :
Rp. 6.000.000 /bulan
·
Standar
Biaya Peralatan
a. 5
Unit Leptop : Rp. 8.000.000 / unit
b. 8
Unit Pc :
Rp. 11.000.000/ unit
c. 8
Meja Kantor :
Rp. 750.000 / unit
d. 8
Kursi Kerja :
Rp. 1.000.000/ unit
e. 1
Filling Cabinet :
Rp. 1.500.000 / unit
f. ATK :
Rp. 1.000.000 / bulan
g. 5
Unit AC 1 PK :
Rp. 3.500.000 / unit
h. 5
Unit Telepon :
Rp. 200.000 / unit
i.
5 Unit Printer : Rp. 4.000.000 / unit
j.
2 Unit Mesin
FC :
Rp. 20.000.000 / unit
k. 1
Unit Kulkas :
Rp. 3.500.000 / unit
·
Standar
Biaya Perangkat Lunak (Perangkat Lunak Berbayar)
a. Aplikasi
Design Grafis :
Rp. 6.650.000
b. Aplikasi
Perkantoran :
Rp. 800.000
c. Aplikasi
Perancangan & Pengolahan DB :
Rp. 2.500.000
d. Pemeliharaan
Web :
Rp. 3.500.000
e. Pemeliharaan
Database :
Rp. 2.000.000
f. Aplikasi
Mobile :
Rp. 3.000.000
g. Aplikasi
Game :
Rp. 8.000.000
3.10 Penyusunan Anggaran / Investasi
·
Menjual PC lama : Rp. 5.000.000 / pc
·
Menjual Mesin FC : Rp. 10.000.000 / unit
·
Menjual printer lama : Rp. 2.000.000 / printer
3.11 Penyusunan Cash Flow Perusahaan
CV
Fun Tech
Laporan
Cash Flow
Untuk
Tahun Yang Berakhir Pada 31 Desember 2018
(Dalam
Rupiah)
Arus
Kas Dari Kegiatan Operasional
|
|||
Kas Dari Pelanggan
Dikurangi
Kas Untuk Memberi
Keperlusn + ATK
Kas Untuk Bayar
Listrik, Air, Telepon,Internet Service Provider
Kas Untuk Bayar Sewa
Tempat
Kas Untuk Bayar Biaya
Gaji Pegawai
Kas Untuk Hutang
Usaha
Kas Untuk Biaya Pajak
Aliran
Kas Bersih Kegiatan Operasional
|
(Rp. 12.000.000)
(Rp. 162.000.000)
(Rp. 180.000.000)
(Rp. 685.200.000)
(Rp. 316.250.000)
(Rp. 417.000.000)
|
Rp.4.000.000.000
(Rp.1.772.450.000)
|
Rp.2.227.550.000
|
Arus
Kas Dari Kegiatan Investasi
|
|||
Kas Masuk Dari
Penjual
Kas Keluar Memberi
Peralatan
Aliran
Kas Bersih Kegiatan Investasi
|
Rp.76.000.000
(Rp.148.000.000)
|
(Rp. 72.000.000)
|
|
Arus
Kas Dari Kegiatan Keuangan
|
|||
Hasil Penempatan
Modal
Dikurangi
Kas Untuk Bayar
Dividen
Kas Untuk Bayar Utang
Obligasi
Aliran Kas Masuk Neto
Dari Kegiatan Keuangan
|
(Rp. 50.000.000)
(Rp.125.000.000)
|
Rp.250.000.000
|
Rp. 85.000.000
|
Kenaikan
Kas
Saldo
Kas Awal Tahun
Saldo
Kas Akhir Tahun
|
Rp.1.240.550.000
Rp. 1.000.000.000
Rp.2.240.550.000
|
3.4.5 Time Value Of Money & Tingkat Suku Bunga
·
TVOM
(Dalam 5 Tahun Mendatang)
Ø Menyimpan
uang perusahaan di bank sebesar 1 Miliar diawal tahun 2018 dengan bunga bank 5
% pertahun. Dengan jangka waktu deposito selama 5 tahun.
Tahun
|
Saldo
Awal
|
Perolehan
Bungan 5%
|
Saldo
Akhir
|
2018
2019
2020
2021
2022
|
Rp. 1.000.000.000
Rp. 1.050.000.000
Rp. 1.102.500.000
Rp. 1.157.625.000
Rp. 1.215.506.250
|
5% x Rp. 1.000.000.000
= Rp. 50.000.000
5% x Rp. 1.050.000.000
= Rp. 52.500.000
5% x Rp. 1.102.500.000
= Rp. 55.125.000
5% x Rp. 1.157.625.000
= Rp. 57.881.250
5% x Rp. 1.215.506.250
= Rp. 60.775.312.5
|
Rp. 1.050.000.000
Rp. 1.102.500.000
Rp. 1.157.625.000
Rp. 1.215.506.250
Rp. 1.276.281.562.5
|
·
Tingkat
Suku Bunga
Bunga Pinjaman / Kredit Saldo
Pinjaman = Rp. 20.000.000
Suku
Bunga Pinjaman / Kredit Tahun 2018
|
|||
Bulan
|
Angsuran
Pokok
|
Angsuran
Bunga 10%
|
Total Angsuran
|
Rp.
1.666.667
|
Rp.
20.000.000 x 10% x (30/360) = Rp. 166.667
|
Rp.
1.833.334
|
|
Februari
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 18.333.333 x 10%
x (30/360) = Rp. 152.778
|
Rp..1.819.445
|
Maret
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 16.666.666 x 10%
x (30/360) = Rp.138.888.884
|
Rp. 1.805.556
|
April
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 14.999.999 x 10%
x (30/360) = Rp. 125.000
|
Rp. 1.791.667
|
Mei
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 13.333.332 x 10%
x (30/360) = Rp.111.111
|
Rp. 1.777.778
|
Juni
|
Rp. 1.666.667
|
Rp.11.666.665x 10% x
(30/360) = Rp.97.222
|
Rp. 1.763.889
|
Juli
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 9.999.998x 10% x
(30/360) = Rp. 83.333
|
Rp. 1.750.000
|
Agustus
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 8.333.331x 10% x
(30/360) = Rp.69.444
|
Rp. 1.736.111
|
September
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 6.666.664 x 10% x
(30/360) = Rp. 55.555
|
Rp. 1.722.222
|
Oktober
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 4.999.997 x 10% x
(30/360) = Rp. 46.296
|
Rp. 1.712.963
|
November
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 3.333.330 x 10% x
(30/360) = Rp.27.777
|
Rp. 1.694.444
|
Desember
|
Rp. 1.666.667
|
Rp. 1.666.663 x 10% x
(30/360) = Rp. 13.889
|
Rp. 1.680.556
|
3.4.6 Pencatatan
Keuangan Sederhana
CV SOFTWARE SEJAHTERA
|
|||
LAPORAN KAS UMUM
|
|||
UNTUK TAHUN YANG BERAKHIR PADA 31 DESEMBER 2018
|
|||
(Dalam rupiah)
|
|||
Uraian
|
Penerimaan (Debit)
|
Pengeluaran (Kredit)
|
Saldo
|
Saldo Awal Tahun 2018
|
Rp 1,000,000,000.00
|
||
Bayar Telepon + Wifi
|
Rp 17,000,000.00
|
||
Bayar Listrik
|
Rp 120,000,000.00
|
||
Bayar Air
|
Rp 36,000,000.00
|
||
Bayar Sewa Tempat
|
Rp 180,000,000.00
|
||
Bayar Gaji Karyawan
|
Rp 685.200,000.00
|
||
Bayar Hutang Usaha
|
Rp 316,000,000.00
|
||
Beli Printer Baru
|
Rp 20,000,000.00
|
||
Beli Mesin Fotocopy Baru
|
Rp 40,000,000.00
|
||
Beli PC Baru
|
Rp 88,000,000.00
|
||
Bayar Biaya Dividen
|
Rp 50,000,000.00
|
||
Bayar Utang Obligasi
|
Rp 125,000,000.00
|
||
Kegiatan Investasi
|
Rp 76,000,000.00
|
||
Keperluan ATK
|
Rp 12,000,000.00
|
||
Total Kredit
|
Rp 1.765.200.000
|
||
-Rp
765.200.000
|
|||
Penjualan 5 Unit Printer Lama
|
Rp 10.000.000
|
||
Penjualan 2 Unit Mesin Fotocopy Lama
|
Rp 20,000,000.00
|
||
Penjualan 8 Unit PC Lama
|
Rp 40,000,000.00
|
||
Kas Penjualan Saham
|
Rp 250,000,000.00
|
||
Kas Dari Penjualan Desain Grafis
|
Rp 1.330.000.000
|
||
Kas Dari Penjualan Game
|
Rp 2,670,000,000.00
|
||
Total Debit
|
Rp 4,320,000,000.00
|
||
SALDO AKHIR TAHUN 31 DESEMBER 2018
|
Rp
3,554,800,000.00
|
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Pendirian suatu perusahaan
merupakan hal yang penting dan sangat diperlukan di kalangan masyarakat, karena
pendirian tersebut dapat membuka suatu lapangan pekerjaan dan dapat
meningkatkan potensi penghasilan dalam perusahaan tersebut.
Dalam mendirikan
usaha juga tidak mudah, tetapi juga tidak sulit, kita hanya harus mengikuti
syarat-syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan UU dan juga harus jelas visi
dan misi perusahaan tersebut, dan sebelum mendirikan badan usaha kita harus
mendapatkan izin dari pemerintah
Jadi kesimpulan
dari seluruh materi yang telah saya sajikan dalam makalah diatas, bahwa setiap
wirausahawan yang ingin membuka usaha baru sebaiknya mempelajari terlebih
dahulu tahap demi tahap dalam membuat usaha karena tahap demi tahap ini sudah
ada peraturannya oleh karena itu sangat penting sekali mempelajarinya, agar
dalam berusaha kita tidak mendapat kesulitan dalam usaha yang kita jalankan
itu.
4.2 Saran
Berdasarkan ketentuan dari pemerintah
dan keuntunga-keuntungan yang diperoleh nantinya, seorang pengusaha harus mengurus
legalitas perusahaan dengan proses yang tidak terlalu rumit dan biaya yang
tidak terlalu besar, pengusaha sudah mendapatkan jaminan keberlangsungan
perusahaan. Justru jika pelegalan itu tidak diurus, nantinya pengusaha itu
sendiri yang akan mendapatkan kesulitan dalam kegiatan usahanya. Selain merasa
terancam dengan penertiban oleh pihak berwajib mereka juga akan kesulitan
mengembangkan usahanya menuju kea rah yang lebih baik.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar